Babinsa Kedungmaling, Sooko saat dampingi petani Poktan Surya Sari tebar benih padi. (Pendim for jurnalMojo)

Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Dampingi Petani Tebar Benih Padi Mamberamo

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto, Serma Miftahur Rahman melaksanakan pendampingan tebar benih padi varietas Mamberamo di lahan milik H. Suyono, anggota Poktan Surya Sari, Dusun/Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (23/04/2019).

Menurut Serma Miftahur Rahman, persemaian atau pembibitan benih padi tersebut dilakukan di lahan berukuran 15 x 30 meter untuk persiapan tanam padi di lahan seluas 5.000 meter atau 0,5 hektar. “Setelah 21 hingga 25 hari dari tebar/sebar, benih padi ini sudah bisa dicabut dan siap tanam,” ujarnya.

Masih kata Babinsa, sebelum persemaian, terlebih dahulu dilakukan pengolahan lahan dengan menggunakan traktor tangan (hand tractor). Pembajakan lahan ini dilakukan sebagai tahapan yang harus dipersiapkan para petani sebelum masa tanam tiba.

“Melalui pembajakan lahan ini maka proses pembalikan dan penggemburan tanah dapat berlangsung maksimal sehingga tanah menjadi lebih gembur dan subur serta dapat ditanami tepat waktu, ketika bibit padi siap pindah tanam,” terangnya.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/03 Sooko, Kapten Inf Hari Subiyanto mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan aksi nyata dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan demi membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayah.

“Pendampingan terhadap petani ini merupakan tugas tambahan yang harus dilakukan para Babinsa terhadap petani di wilayah binaan masing-masing,” terangnya.

Kendati hanya tugas tambahan, lanjutnya, namun tentunya kegiatan ini harus dilaksanakan dengan senang hati dan penuh semangat. “Ini sebagai bentuk tanggung jawab Babinsa dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah,” pungkasnya. (dim/yus)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar