Serda Akhmad Subandi bantu memindahkan bibit padi di lahan anggota Poktan Tani Rahayu -1 di Desa Kenanten. (Pendim for jurnalMojo)

Optimalkan Percepatan Tanam, Babinsa Koramil 0815/04 Puri Dampingi Petani di Tujuh Lokasi

Kopda Rahadi Santoso saat membantu mengolah lahan anggota Poktan Sumber Rejeki-IV di Desa Medali. (Pendim for jurnalMojo)

(jurnalmojo.com) – Dalam rangka mengoptimalkan percepatan tanam di wilayah binaan, Koramil 0815/04 Puri mengerahkan para Babinsa melakukan pendampingan terhadap petani dalam pengolahan lahan di tujuh lokasi berbeda di wilayah Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (28/12/2018).

Kali ini, Serda Akhmad Subandi membantu petani memindahkan bibit padi di lahan milik Imron, Poktan Tani Rahayu -1 Dusun Karangmojo, Desa Kenanten. Di lokasi ini, bibit padi varietas Ciherang berumur 20 hari yang sudah dicabut (Ndaut, red) dan dalam bentuk ikatan dipindahkan ke lokasi yang dipersiapkan untuk tanam seluas satu hektar.

Berikutnya di lokasi kedua, Kopda Rahadi Santoso melakukan pendampingan pengolahan lahan milik H. Suyoto, Poktan Sumber Rejeki-IV Dusun Sumput, Desa Medali. Di lahan seluas 0,5 hektar ini, pengolahan lahan dilakukan dengan menggunakan satu unit hand tracktor.

Kegiatan serupa ini, juga berlangsung di lahan seluas satu hektar milik Kayat, Poktan Marsudi Tani-1 Dusun Tegalsari, Desa Puri, dengan dibantu Babinsa setempat, Peltu Tri Pemilu. Di area persawahan ini, kegiatan pengolahan lahan untuk persemaian dilakukan secara manual.

Untuk diketahui, selain di tiga lokasi di atas, kegiatan pendampingan juga berlangsung di empat lokasi lainnya, yakni di Dusun Sumbertugu, Desa Tangunan, Dusun Mlaten, Desa Mlaten, Dusun Kemas, Desa Ketemasdungus dan Dusun Karangwungu, Desa Kenanten, dengan didampingi Babinsa setempat.

Terpisah, Danramil 0815/04 Puri, Kapten Inf Sumiarso mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini bertujuan untuk memotivasi dan membantu kelancaran petani dalam proses produksi demi ketersediaan pangan di wilayah.

“Melaui pendampingan ini, diharapkan para Babinsa, PPL, kelompok tani dan petani, secara bersama-sama mampu meningkatkan produksi pertanian guna terwujudnya swasembada pangan yang akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani,” pungkasnya. (dim/yus)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar