Koramil 0815/15 bersama BPP Jatirejo mendampingi panen raya Di Desa Sumengko.

Koramil 0815/15 Bersama BPP Jatirejo Dampingi Panen Raya Di Desa Sumengko

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Dalam rangka mendukung pencapaian swasembada pangan di wilayah, Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto melaksanakan pendampingan panen raya padi di lahan Poktan Tani Manunggal -1, Dusun Sumengko Desa Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (10/04/2018).

Sebelum panen raya berlangsung, terlebih dahulu dilakukan pengubinan oleh Koordinator PPL Kecamatan Jatirejo Agus Istiadi bersama Bati Wanwil Koramil Jatirejo Peltu Imam Bahrudin, Ketua Poktan Tani Manunggal 1, Kamil yang juga pemilik lahan beserta anggota Poktan.

Menurut keterangan PPL setempat Siti Fatimah, dalam pengubinan jenis padi varietas Situbagendit, pada luas ubinan 2,5 x 2,5 meter, didapat jumlah bulir 186 biji, jumlah anakan 19 batang, jumlah rumpun 156 rumpun dan berat ubinan 4,9 kg. Produktivitas panen diperkirakan mencapai 7,86 ton/hektar, sementara harga gabah kering panen (GKP) Rp 4.300,- / Kg dan harga gabah kering giling (GKG) Rp 5.200,- / Kg.

Sementara, Ketua Poktan Tani Manunggal – 1, Kamil, yang juga pemilik lahan, mengungkapkan rasa senangnya, atas hasil panen yang dicapai di lahan miliknya meskipun belum maksimal.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada BPP Kecamatan Jatirejo dan Koramil yang telah melakukan pendampingan terhadap petani maupun Poktan.

Terpisah, Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto, mengungkapkan, diterjunkannya sejumlah Babinsa pada pengubinan padi dan panen raya di lahan Poktan Tani Manunggal 1, merupakan bagian dari pendampingan ketahanan pangan.

“Pihaknya akan terus mendukung dan mengawal program ketahanan pangan demi tercapainya swasembada pangan di wilayah,” tegasnya.

Masih tutur Danramil, hasil panen kali ini cukup optimal, semua itu berkat kerja keras petani/Poktan yang mendapat pendampingan, bimbingan dan arahan dari PPL mulai proses pengolahan lahan, proses tanam, perawatan hingga panen.

Diharapkan usai panen ini, para petani dan Poktan langsung mengolah lahannya untuk persiapan masa tanam berikutnya, tambahnya.

Tampak hadir dalam pengubinan dan panen raya tersebut, Anggota Koramil 15/Jatirejo Peltu Budi Wasono, Serma Agus Siswandi, Sertu M. Rifa’i, Serda Dana, Serda Husaini dan PPL dari BPP Kecamatan Jatirejo, Mulyono. (dim/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar