Kegiatan Lokalatih Kegawatdaruratan Umum di Ruang Pertemuan RSU Sumberglagah, Pacet. (Pendim for jurnalMojo.com)

Personel Kodim Mojokerto Ikuti Lokalatih Kegawatdaruratan Umum Di RS Sumberglagah

MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Kegiatan Lokalatih Kegawatdaruratan Umum yang diselenggarakan Rumah Sakit Umum Sumberglagah Provinsi Jatim, diikuti personel militer Kodim 0815 Mojokerto.

Kegiatan yang bertajuk “Lokalatih Kegawatdaruratan Umum Bersama TNI, Polri, Petugas Puskesmas dan Relawan”, diselenggarakan oleh RSU Sumberglagah, di Ruang Pertemuan RSU Sumberglagah, Desa Tanjungkenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (27/03/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut, sekitar 100 orang, antara lain Kadinkes Kabupaten Mojokerto, Dr. Didik Chusnul Yakin, S.Sos, M.Si, Dirut RSU Sumberglagah, Dr. IGN Arya Sideman, SE., MPH., beserta para dokter, Camat Pacet, Norman Handhito, S.IP., M.Si., Kapolsek Pacet, Danramil 0815/16 Pacet diwakili Bati Komsos, Serka Mas’ud.

Hadir pula Kades Tanjungkenongo, M. Arofik, dan peserta Lokalatih Kegawatdaruratan Umum terdiri dari Perwakilan TNI dari Koramil Jajaran Kodim 0815/Mojokerto, Perwakilan Anggota Polri, Petugas Puskesmas, dan Relawan se-Kabupaten Mojokerto.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, untuk memberikan pengetahuan dan skill tentang kesehatan kepada jajaran TNI, Polri dan Relawan agar dapat memanfaatkan pengetahuan penanganan kesehatan di lapangan.

Dirut RSU Sumberglagah, Dr. IGN Arya Sideman, SE., MPH., dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, Provinsi Jatim melalui RSU Sumberglagah berusaha menangani dan membantu mengatasi penyakit kusta yang ada di Kabupaten Mojokerto, termasuk mengawasi perkembangannya.

Ke depan RSU Sumberglagah memiliki program peningkatan pelayanan kesehatan melalui program Klaster (cluster) memberantas kusta, Klaster RS Umum dan Klaster Kesehatan guna menyehatkan orang yang sehat.

“Kami berharap dengan kegiatan ini bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan dan memudahkan pelayanan yang semakin baik,” ujarnya.

Sementara Kadinkes Kabupaten Mojokerto, Dr. Didik Chusnul Yakin, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya, menyampaikan, acara Lokalatih Kegawatdaruratan Umum ini sangat luar biasa, saat ini kematian bukan karena penyakit yang tidak menular salah satunya yakni kecelakaan lalu lintas.

Wilayah Pacet memang merupakan kawasan pariwisata yang indah dan sejuk, dan sudah kita bangun pagar Mojopahitan di Desa Padusan.

“Obyek wisata yang ada di Pacet sampai hari ini belum tersedia tenaga kesehatan untuk membantu dan menangani masyarakat apa bila terjadi kecelakaan,” terangnya.

RSU Sumberglagah semula merupakan RS yang menangani penyakit Kusta semata, tetapi sesuai perkambangan waktu RS Sumberglagah sudah mengembang dan menangani segala penyakit dengan fasilitas yang moderen dan maju.

“Ke depan setiap desa akan mendapatkan pelayanan dan pemerikasan kesehatan bagi warga setiap enam bulan sekali secara gratis. Kesehatan sangat penting dan merupakan nikmat nomor dua di atas harta benda, maka itu mari kita jaga kesehatan dengan baik dan benar,” pintanya.

Selaku Kadis Kesehatan Mojokerto, dirinya sangat berterimakasih dalam putaran pertama penanganan difteri dapat berjalan baik dan luar biasa di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Usai sambutan, Kadinkes Kabupaten Mojokerto, membuka secara resmi pernyataan Lokalatih Kegawatdaruratan Umum. (dim/yus)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar