Hunting Sistem yang dilakukan Sat Lantas :Polres Jombang untuk tekan angka kecelakaan. (M. Yusuf/jurnalMojo.com)

Tekan Angka Kecelakaan, Sat Lantas Polres Jombang Gelar Razia Satu Bulan Penuh

Hunting Sistem yang dilakukan Sat Lantas :Polres Jombang untuk tekan angka kecelakaan. (M. Yusuf/jurnalMojo.com)

JOMBANG (jurnalmojo.com) – Dalam gelaran kegiatan Sistem Potensial Point Target (SPPT) tahun 2018, Satlantas Polres Jombang, Jawa Timur, menjaring 300 pengendara yang terkena razia selama dua hari, Sabtu (03/02/2018).

Kegiatan SPPT merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara menyeluruh oleh seluruh Polres jajaran dibawah naungan Polda Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu bulan, terhitung mulai 1 Februari hingga 28 Februari 2018.

Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana menjelaskan, bahwa tujuan utama dari program tersebut guna menekan tingkat laka lantas maupun pelanggaran berlalu lintas di wilayah hukum Polres Jombang.

“Sasaran utama kita yakni pengendara yang melakukan pelanggaran kasat mata, seperti tidak memakai helm. Serta potensi laka lantas, seperti melawan arus maupun rambu larangan,” jelasnya AKP Inggal.

Pihaknya menarget 150 pelanggar berhasil ditindak oleh petugas dilapangan dalam waktu sehari.

Menurur Inggal, model Operasi Hunting System lebih efektif dan efisien dalam menindak pelanggar yang melakukan pelanggaran kasat mata, jadi tidak melulu yang melakukan pelanggaran administratif.

“Metode yang kita gunakan yakni dengan cara hunting system, atau mencari pengendara yang melakukan pelanggaran, bukan dengan cara operasi stasioner atau menetap,” ujarnya.

Selain melakukan penindakan, pihaknya juga menggelar sosialisasi kepada masyarakat lewat unit Dikyasa. Mulai dari tingkat pelajar hingga keseluruh lapisan masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, selain dapat menurunkan angka laka lantas di Kabupaten Jombang, juga memberikan kesadaran bagi pengendara untuk tertib berlalulintas,” pungkasnya. (yus/jek)

Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar