Empat Partai Besar Tak Mulus Pendaftaran, Hanya PAN Penuhi Syarat

Mulyadi, Ketua DPC PAN Kota Mojokerto menyerahkan berkas ke komisioner KPU. JurnalMojo/Rony Yunarto
MOJOKERTO (jurnalmojo.com) – Setelah PDIP dan Partai Hanura, hari ini bertambah lagi daftar partai besar yang harus menerima pengembalian berkas dari KPU Kota Mojokerto. Kedua partai yang berkasnya ditolak oleh KPU itu adalah Partai Gerindra dan Partai Demokrat.
Sekitar pukul 12.30 WIB Minggu (15/10/2017) di kantor KPU Kota Mojokerto jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Partai Gerindra yang dipimpin langsung oleh ketua DPC Edwin D.P datang untuk melakukan pendaftaran berkas verifikasi untuk pemilu tahun 2019.
Bersama dengan kurang lebih 60 orang yang ikut mengawal proses pendaftaran itu, ketua DPC dan pengurus partai yang berwenang memasuki ruang pendaftaran serta diterima langsung oleh komisioner KPU devisi hukum.
Setelah kurang lebih satu jam dilakukan verifikasi oleh petugas KPU dan diawasi langsung oleh Panwaslu, berkas pendaftaran dari Partai gerindra dinyatakan belum memenuhi syarat dan harus dikembalikan.
“Kendalanya masih sama dengan dua partai yang lain yaitu antara data SIPOL dan data DPC tidak sama. Mereka harus melengkapinya barulah bisa kita terima,” kata Sukrisno Adi.
Menurut Edwin, kekurangan tidak banyak dan itu bisa segera teratasi. “Hanya ada kekurang sedikit saja, kita akan selesaikan dan pasti semuanya beres,” katanya.
Kendala perbedaan data yang dimiliki oleh DPP dan DPC partai menjadi masalah utama yang dialami oleh partai-partai besar di Kota Mojokerto.
Selang dua jam setelah partai Gerindra melakukan pendaftaran, hadir pula rombongan dari partai Demokrat yang membawa serta kurang lebih 30 orang.
Dipimpin langsung oleh Ketua DPC partai Demokrat Kota Mojokerto, Deny Novianto, rombongan langsung menuju ke ruang pendaftaran. Lagi-lagi satu partai besar harus menerima kenyataan bahwa berkasnya tidak bisa diterima oleh KPU Kota Mojokerto.
“Ada kekurangan yang mana hal itu belum bisa kita terima, ya harus kita kembalikan untuk dilakukan pembenahan,” ungkap Sukrisno.
Sementara itu, dalam satu hari  ini ada tiga partai yang mendaftarkan diri. Dari ketiga partai tersebut, yang tidak mengalami kendala hanya Partai Amanat Nasional. Hadir sekitar pukul 15.40 WIB dengan membawa rombongan berkisar 20 orang, partai yang dipimpin oleh mantan ketua DPRD Kota Mojokerto, Mulyadi, tersebut tidak mengalami kendala sedikitpun.
Proses verifikasi berkas yang dilakukan oleh KPU pun hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari sepuluh menit.(ron/jek)
Bagikan Ini

Komentar Anda

Komentar